....

Nilai Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

  • SUBHANALLAH
  • ALHAMDULILLAH
  • ALLAHU AKBAR
  • LA ILAHA ILLALLAH
  • ALLAHUMMA SHOLLI 'ALA MUHAMMAD

Nilai Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara
  
   Istilah ideology berasal dari kata “idia” yang berarti gagasan konsep pengertian dasar, Cita cita dan “logos” yang berarti ilmu , kata “idia” berasal dari kata bahasa yunani, dan eidios yang arti nya bentuk, Disamping itu ada kata “idein yang arti nya ‘Melihat’. Secara harfiah ideology berarti ilmu pengertian pengertian dasar.


  Dalam pengertian sehari hari “idea” disamakan arti nya dengan cita cita , Cita cita yang di maksud adalah cita cita yang bersifat tetap yang harus dicapai, sehingga cita cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar,pandangan atau faham.


  Memang pada hakikat nya ,antara dasar dan cita cita itu sebenar nya dapat merupakan satu kesatuan, Dasar ditetapkan karena  atas suatu landasan asas atau dasar yang telah ditetapkan pula, Dengan demikian ideology mencakup pengertian tentang idea idea, pengertian dasar, gagasan dan cita cita.


  Apabila ditelusuri secara historis istilah ideology pertama kali dipakai dan dikemukakan oleh seoarang di perancis, Antoine Destut de Tracy ,pada tahun 1796, Sepertinya hal nya Leibniz, de Tracy mempunyai sebuah cita cita untuk membangun system pengetahuan, Apabila Leibniz menyebutkan impian nya sebagai ‘One Great Syistem Of Truth’. Dimana tergabung segala cabang ilmu dan segala kebenaran ilmiah, maka de Tracy menyebutkan “ ideo logie” sebagai Science of ideas, suatu progam yang diharapkan depat membawa perubahan institusional dalam masyarakat Prancis, Namun Napoleon mencemohkan nya sebagai suatu khayalan belaka, yang tidak mempunyai arti praktis, Hal semacam ini hanya impian belaka yang tidak akan menemukan kenyataan .{ Pranarka. 1987}


  Perhatian konsep ideology menjadi berkebang lagi antara lain karena pengahruh karl Marx ideology menjadi kosakata penting di dalam pemikiran politik atau pun ekonomi , Karl Marx mengartikan ideology sebagai pendangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepentingan golongan  atau kelas social tertentu dalam bidang politik atau social ekonomi.


   Dalam artian ini , ideology ideology bagian dari apa yang sisebut nya Uberbau atau suprastruktur [bangunan atas]  yang didirikan di atas kekuatan kekuatan yang memiliki factor factor produksi  yang menetukan corak nya ddan karena itu kebenaran relating dan semata mata hanya hanya benar untuk golongan tertentu. Jadi ideology ialah keseluruhan ide yang relative , karena justru mencerminkan kekuatan lapisan.
  • ASTAGHFIRULLAHAL 'ADZIM
  • Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung

0 Response to "Nilai Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara"

Post a Comment

Terimakasih :)