Cara Mengetahui Tipe Ram DDR Pada Komputer dan Laptop

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

  
Cara Melihat Type Ram DDR 2, DDR3 dan kapasitas

 Ram adalah suatu komponen terpenting dalam komputer, ram merupakan sebuah memory yang berfungsi sebagai menyimpan data untuk sementara, dan juga ram berfungsi untuk menjalan sebuah software atau games, jadi jika tidak ada ram ataupun ram tidak terpasang dengan benar maka komputer tidak akan jalan atau booting.

Macam macam ram dalam sejarah komputer ada 5 macam yaitu  :
  1.  RAM EDO Mempunyai 72 Pin
  2.  SD RAM Mempunyai 168 Pin
  3.  DDR 1 Mempunyai 184 Pin
  4.  DDR 2 Mempunyai 240 Pin
  5. DDR 3 Mempunyai 300 Pin
Ukuran Memory Ram Komputer Dari Yang Terkecil Sampai Yang Terbesar yaitu :
  1. 64 MB
  2. 128 MB
  3. 256 MB
  4. 512 MB
  5. 1 GB
  6. 2 GB
  7. 4GB
  8. 8 GB ( 2 x 4 GB )
  9. 16 GB ( 4 x 4 GB )
  Mengetahui tipe tipe ram adalah sebuah hal yang harus diketahui oleh para pengguna komputer, apabila ada keinginan untuk mengupgrade spesifikasi komputer, maka jangan membeli komponen komputer dengan asal asalan, misalkan contoh nya, “Ah saya mau beli ram yang paling bagus, seperti ram ddr 3 dengan kapasitas 4 GB” Namun pada slot memory ram pada komputer nya ternyata bukan slot memory ram ddr 3 tapi yaitu slot memory ddr 2, itu udah bikin bete banget udah merusak semua suanasana, kenapa ? karena percuma dan sia sia saja memory ram ddr 3 yang anda beli dengan harga yang mahal, tidak akan bisa terpasang pada slot memory ram ddr 2, tapi ternyata solusinya sih sepele, kita buang aja ram nya, dan kita beli lagi yang baru, Hayuk.

  Nah jika anda bingung dengan tipe ram pada komputer atau PC atau pun Notebook maupun laptop anda, *busyet dah banyak bener nih,* solusi nya gampang anda tinggal instal software CPUID, untuk cara mengetahui ram dengan melihat fisik ram nya itu dengan cara kita melepas casing CPU ataupun Laptop anda, dan kemudian lepaskan Ram pada slot memory ram, kemudian kita baca pada ram nya, disitu ada tulisan merek ram, DDR 2 atau DDR 3PC 10600 atau PC 12600, beserta kapasitasnya dan spesifikasi lainya.

Tapi cara diatas memang sungguh ribet, jadi cara simple dan paling praktis nya adalah dengan menginstal software CPUID, anda tinggal klik link berikut ini untuk mendapatkan softwarenya gratis → Klik Link Ini

Cara Mengetahui RAM DDR 3 atau DDR 3 pada komputer dengan menggunakan CPUID / CPU-Z :

1. Instal software CPUID
2. Jalan kan software nya makan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, klik tab Memory :
Cara Mengetahui Tipe Ram DDR Pada Komputer dan Laptop

Keterangan : Pada gambar diatas dapat kita simpulkan bahwa, Ram yang terpasang pada PC admin adalah type ram DDR 3 dengan kapasitas 2 GB.
Nah itulah Cara Mengetahui Tipe Ram DDR Pada Komputer dan Laptop, dengan sangat mudah dan simple tanpa membongkar pc, cukup instal aplikasi CPU-Z. Oke demikian lah tutorial komputer dari saya, jika ada kata yang tidak berkenan dihati anda, maka maafkanlah.
Sudahkah kita beristighfar hari ini? istighfar

info menarik : Cara Mudah Mendapatkan Uang Dollar lewat hp android 100% berhasil

5 Responses to "Cara Mengetahui Tipe Ram DDR Pada Komputer dan Laptop"

  1. ternya mudah sekali ya gan cara melihat kalau tipe berapa ddr ram kita,.
    jadi gak harus kita membuka casing komputer lagi hehehe :D

    jangan lupa yah gan, kapan kapan main ke blog ane Musa Blog - Pengetahuan Lengkap Tentang Multimedia

    ReplyDelete
  2. kalo tipe cuma ddr doang, berati tipe ddr1 kah gan?

    ReplyDelete

Terimakasih :)