....

Pengertian Intranet

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

  • SUBHANALLAH
  • ALHAMDULILLAH
  • ALLAHU AKBAR
  • LA ILAHA ILLALLAH
  • ALLAHUMMA SHOLLI 'ALA MUHAMMAD
Intranet adalah

Pernahkah anda mendengar intranet, mungkin kata ini masih asing terdengar di telinga kita, saya pun juga begitu, saya kira hanya internet saja yang ada, tapi ternyata ada juga yang nama nya intratet, baiklah pada artikel ini saya akan jelaskan pengertian intranet.

Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan computer lokal yang menggunakan perangkat lunak atau software interneet dan protocol TCP/IP atau pun HTTP, Oleh karena itu sebuah jaringan intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh internet sseperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagai nya.

Jaringan intranet merupakan jaringan internet yang hanya bisa dimiliki oleh sekelompok perusahaan tertentu dan tidak dapat di akses oleh orang lain., Tetapi , Intranet juga dapat terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengna jaringan intranet lain nya (internet working) melalui backbone internet.

Intranet sangat mudah di terapkan di pelajari , di kembangkan dan di konfiguransi ulang  salah satu hal yang terpenting dalam intranet adalah keamanan jaringan , Isu ini sangat sensitive karena jaringan telekomunikasi komersial yang di pakai bersifar umum, sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keamanan canggih terus di kembangkan seperti firewall dan enkripsi sehingga menjadi kelebihan tersendiri bila di terapkan di intranet.

Keuntungan dan manfaat menggunakan intranet:

1. Produkrivitas kerja

Adanya intranet dapat membantu pekerja dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasi yang di butuh kan meereka untuk menunjang peran dan tanggung jawab nya masing masing

2.Pemanfaatan waktu
Melalui intranet, pegawai organisasi dapat memperoleh akses informasi kapan pun sehingga terjadi efisiensi waktu, organisasi juga dapat memberikan informasi setiap saat secara actual.

3.Operasi  dan manajemen
Intranet dapat di gunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis , baik secara internal maupun organisasi.

4.Komunikasi
Adanya intranet dapat di gunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis, baik secara  horizontal atau vertikal.
  • ASTAGHFIRULLAHAL 'ADZIM
  • Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung

1 Response to "Pengertian Intranet"

Terimakasih :)