....

Pengertian Bunyi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

  • SUBHANALLAH
  • ALHAMDULILLAH
  • ALLAHU AKBAR
  • LA ILAHA ILLALLAH
  • ALLAHUMMA SHOLLI 'ALA MUHAMMAD

Pengertian Bunyi
  Benda yang bergetar atau menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi, ada banyak macam macam sumber bunyni misal nyaalat alat musik ( piano, drum, gitar, suling dan lain lain ) ada juga alat alat keamanan misal nya kentongan , bel alarm kebakaran dan sebagai  nya, jadi Bunyi adalah sesuatu yang dihasilkan oleh benda yang bergetar dan dapat didengar oleh indra pendengaran, Bunyi yang didengar harus memenuhi persyaratan , adapun sebagai berikut:

1.Ada sumber bunyi yang bergetar
    Kuat lemah nya bunyi yang dihasil kan oleh benda yang bergetar, tergantung pada besar kecil nya amplitude getaran dan jarak antara pendengar dan sumber bunyi, semakin besar amplitude nya, maka semakin kuat bunyi nya,dan sebalik nya semakin kecil amplitudonya maka semakin lemah bunyi yang dihasilkan nya.


2.Ada alat pendengaran yang baik
   Agar bunyi dapat didengar dengan baik, maka perlu ada nya alat pendengaran yang baik pula, Dalam hal ini adalah indra manusia yaitu telinga, harus dalam keadaan sehar atau tidak ada nya gangguan.


3.Ada zat perantara yang merambatkan bunyi
   Bunyi merupakan gelombang mekanik maka bunyi  di perlukan medium atau sebuah zat perantara agar dapat merambat, zat perantara tersebut dapat berupa  zat cair, zat padat dan zat gas.

4.Getaran yang dihasilkan memenuhi daerah pendengaran manusia yaitu dari (20 Hz- 20.000 Hz)

 Adapun dibawah ini macam macam Daerah Bunyi:

1.Bunyi infrasonik
 Bunyi infrasonic ialah bunyi  yang memilik frekuensi  kurang dari 20 Hz, bunyi ini tidak dapat didengar oleh manusia , hanya hewan tertentu saja yang dapat mendengar nya yaitu : jangkerik dan anjing.

2.Bunyi Audiosonik
  Bunyi audiosonik ialah bunyi yang memilik frekuensi antara 20 Hz – 20.000 Hz Bunyi  inilah yang dapat didengar oleh manusia.

3.Bunyi Ultrasonik
 Bunyi Ultrasonik ialah bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hz, Bunyi ini tidak dap[at dapat didengar oleh manusia, hanya hewan tertentu saja seperti kelelawar dan ikan lumba lumba.

Coba bayang kan apabila Kita bisa dapat mendengar bunyi Infrasonik dan Bunyi Ultrasonik, apa yang terjadi sama kita? ? mungkin hidup kita tidak akan  tentram.
  • ASTAGHFIRULLAHAL 'ADZIM
  • Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung

0 Response to "Pengertian Bunyi "

Post a Comment

Terimakasih :)