....

Contoh Cerita Teks Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

  • SUBHANALLAH
  • ALHAMDULILLAH
  • ALLAHU AKBAR
  • LA ILAHA ILLALLAH
  • ALLAHUMMA SHOLLI 'ALA MUHAMMAD
  Contoh Cerita Teks Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya – Menurut situs Wikipedia pengertian anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin mengambarkan kejadian atau hal yang sebenarnya, Anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar, karnea anekdot selalu disajikan beerdasakan pada kejadian yang nyata dengan melibatkan orang orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya disuatu tempat yang dapat diidentifikiasi.

  Contoh cerita anekdot banyak macamnya, ada yang bertemakan tentang kehidupan, pendidikan, sekolah, politik, hukum, sosial dan masih banyak lagi. Cerita anekdot itu pada umumnya tidak perlu panjang panjang, yang terpenting singkat dan sesuai dengan ciri ciri seta struktur anekdot.

Contoh Cerita Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya


  Tujuan dari cerita atau teks anekdot adalah untuk membangkitakan tawa supaya dapat menghibur para pembacanya, serta menggambarkan suatu karakter dengan singkat sehingga ia terhentak dalam kilasan permohonan yang langsung pada intinya.

Struktur Cerita Anekdot :

1. Abstrak : Bagian awal paragraf yang membahasa tentang isi teks
2. Orientasi : Bagian yang menunjukan awal kejadian atau latar belakang peristiwa itu terjadi
3. Even : Rangkaian atau jalan cerita.
4. Krisis : bagian dimana terjadi hal atau masalah yang tidak dapat terjadi  pada biasanya pada diri penulis.
5.  Re Orientasi : Penutup Cerita

Kaidah Cerita Anekdot :

1. Menggunakan waktu lampau ; contohnya : saya tidak bisa tidur semalam.
2. Menggunakan Pertanyaan rotoris; contohnya : apakah dia tahu ?
3. Menggunakan kata penghubung atau kongjungsi, contohnya : kemudian, lalu, setelah itu. Dll
4. Menggunakan kata kerja, contohnya : Pergi, berdiri, duduk dll.
5. Menggunakan kalimat perintah, contohnya : ambilah, buanglah, dll.
6. Menggunakan kalimat seru.

Contoh Cerita Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya :

Bodrex

  Suatu hari dibulan puasa , ada seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit, dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya, cucunya melihat kejadian itu langsung bertanya, “Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat ?” tanpa tampang berdosa, si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!"

Bagian bagian struktur dari cerita anekdot  ( bodrex ) diatas:

  1. Abstrak : suatu hari dibulan puasa
  2. Orientasi : seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit
  3. Krisis : dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya
  4. Reaksi : Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat
  5. Koda : si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!
Kesetrika
  Disiang hari yang panas, ada seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar, Dokter : “Kenapa telinga anda” Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu seketrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok.”  Dokter: “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ? Pasien : “ Lah itu dok si bego itu nelpon lagi“

Bagian bagian struktur dari cerita anekdot ( Kesetrika )  diatas:
  1. Abstrak : Disiang hari yang panas
  2. Orientasi : seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar
  3. Krisis : Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu seketrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok.
  4. Reaksi : “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ?
  5. Koda : Lah itu dok si bego itu nelpon lagi.
    Nah, itulah contoh teks anekdot yang lucu sekali beserta strukturnya, semoga sobat bisa terhibur setelah membaca cerita anekdot diatas, saya aja ngakak uwehehehe.
  • ASTAGHFIRULLAHAL 'ADZIM
  • Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung

0 Response to "Contoh Cerita Teks Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya"

Post a Comment

Terimakasih :)